Sebelum kami menikah, suami sudah punya NPWP. Setelah menikah sy bekerja sebagai karyawan swasta dan suami berdagang. Apakah istri bisa ikut NPWP punya suami?

Sebelum kami menikah, suami sudah punya NPWP. Setelah menikah sy bekerja sebagai karyawan swasta dan suami berdagang. Apakah istri bisa ikut NPWP punya suami?

Tuti Alawiyah
, Tegal
March 30, 2022

Yth. Ibu Tuti Alawiyah,

Pada prinsipnya sistem administrasi perpajakan di Indonesia menempatkan keluarga sebagai satu kesatuan ekonomis, sehingga dalam satu keluarga hanya terdapat satu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Dengan demikian, anda selaku wanita kawin (istri) ikut NPWP suami dimana pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan anda digabungkan dengan suami sebagai kepala keluarga. Namun demikian, apabila anda menghendaki untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suaminya, maka anda harus mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP atas nama anda sendiri.

Dalam hal wanita kawin (istri) telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak sebelum kawin, istri harus mengajukan permohonan penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak dengan alasan bahwa pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakannya digabungkan dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan suaminya, kecuali wanita kawin tersebut menghendaki untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya sendiri terpisah dari kewajiban perpajakan suami

Sementara itu seorang wanita kawin yang dikenai pajak secara terpisah karena hidup terpisah berdasarkan keputusan hakim atau dikehendaki secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta wajib mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP.

Demikian jawaban kami, semoga membantu.

Team CITASCO

Ingin Bertanya Juga?

Urusan perpajakan membuat Anda bingung? Tak ada kenalan yang bisa membantu? Konsultan kami dengan senang hati akan membantu Anda. Gratis.
Tanyakan sekarang
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram