Perlu ikut PPS kah?

  1. Perlukah saya ikut PPS jika Rumah atas nama saya tetapi milik ayah dan ayah sudah melaporkan setiap tahun di SPTnya dan saya tidak lapor karena saya merasa itu bukan punya saya?
  2. adik saya kerja diluar negeri ada harta saham, tabungan, dll dan masih punya npwp tetapi tidak pernah lapor di indonesia

Terima kasih atas bantuannya.

Cahaya Mutiara
, Jakarta
March 6, 2022

Yth. Ibu Cahaya Mutiara,

Jawaban kami atas dua pertanyaan Ibu adalah sebagai berikut:

  1. Terhadap rumah atas nama anda tetapi sesungguhnya milik ayah anda dan sudah dilaporkan setiap tahunnya di SPT ayah anda, maka anda tidak perlu sertakan rumah tersebut dalam PPS. Bahwa ayah anda yang melaporkan rumah tersebut tersebut di SPTnya, hal itu sudah benar karena yang melaporkan harta adalah pihak pemilik sebenarnya.
  2. WNI yang berada di luar Indonesia lebih dari 183 (seratus delapan puluh tiga) hari dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan serta bertempat tinggal secara permanen di luar negeri adalah merupakan subjek pajak orang pribadi luar negeri, sehingga tidak wajib mempunyai NPWP dan dengan demikian tidak wajib juga menyampaikan SPT.

Jika faktanya adik anda kerja dan bertempat tinggal di luar negeri, punya harta saham, tabungan dan lain-lain dan masih punya NPWP namun tidak pernah lapor di Indonesia, adik anda dapat mengajukan permohonan kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dimana terdaftar agar ditetapkan menjadi Wajib Pajak Non-efektif (WP NE). Dengan status WP NE maka NPWP tidak dihapus tetapi hanya di non-aktifkan dan tidak wajib menyampaikan SPT. Alternatif lain adalah mengajukan penghapusan NPWP, jika memang akan tinggal permanen di luar negeri selamanya.

Demikian jawaban kami, semoga membantu.

Team CITASCO

Ingin Bertanya Juga?

Urusan perpajakan membuat Anda bingung? Tak ada kenalan yang bisa membantu? Konsultan kami dengan senang hati akan membantu Anda. Gratis.
Tanyakan sekarang
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram