Bagaimana Pelaporan SPT Harta Rumah Atas Nama Lebih Dari 1 Orang?

Pada saat ayah saya membeli rumah saat saya kecil, ayah saya membuat rumah atas nama bertiga (kakak, saya & adik). Kini saya mau melaporkan harta tersebut di SPT, tapi bagaimana cara pelaporan rumahnya? Berapa nilai rumah yang harus diinput?

FYI, rumah ini belum pernah dilaporkan sebelumnya karna saya & adik saya baru punya npwp (ayah & kakak tidak punya). Mohon pencerahannya. Terima kasih

Cynthia
, Jakarta
May 12, 2022

Yth. Ibu Cynthia,

Harta yang dilaporkan di SPT oleh Wajib Pajak adalah harta yang menjadi miliknya yang sesungguhnya.  Jika sertifikat tanah yang diatasnya terdapat bangunan rumah dimana pada waktu dibeli oleh orang tua adalah atas nama ketiga anaknya, yaitu anda sendiri, kakak dan adik, dan rumah tersebut senyatanya oleh orang tua diberikan dan sah menjadi milik anak bertiga,  maka masing-masing anak melaporkan bagiannya. Jika dari orang tua jelas pembagiannya atau berdasarkan kesepakatan jelas berapa porsi yang menjadi milik masing-masing, maka setiap anak melaporkan bagian yang menjadi haknya.

Mengenai nilai rumah, pelaporan di SPT mencantumkan harga perolehan atau harga ketika orang tua membeli rumah tersebut. Jadi, pembagian porsi yang dilaporkan di SPT didasarkan pada harga pembelian oleh orang tua.

Demikian jawaban kami, semoga membantu.

Team CITASCO

Ingin Bertanya Juga?

Urusan perpajakan membuat Anda bingung? Tak ada kenalan yang bisa membantu? Konsultan kami dengan senang hati akan membantu Anda. Gratis.
Tanyakan sekarang
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram