Follow Us :

TAX CONSULTATIONS

Apakah perlu melaporkan pajak tahun sebelumnya yang sudah dipotong dari pemberi kerja tapi belum dilaporkan karena belum memiliki NPWP?

Kepada Tim Konsultasi Pajak,

Saya sudah bekerja sejak 2,5 tahun lalu namun karena kurang memahami pajak, NPWP baru dibuat tahun lalu. Pada pelaporan pajak tahun ini apakah saya perlu membuat SPT untuk tahun-tahun sebelumnya juga? Mengingat pada saat itu saya belum memiliki NPWP tetapi penghasilan yang diterima sudah dipotong pajak 20% dan dilaporkan oleh perusahaan. Dan apakah ada sanksi jika saya baru melaporkan sekarang?

Trish

Yth. Bapak Trish,

Seseorang dikatakan sebagai Wajib Pajak adalah sejak yang bersangkutan memenuhi syarat subjektif yaitu persyaratan sebagai Subjek Pajak sesuai UU Pajak Penghasilan (UU PPh), serta memenuhi syarat objektif yaitu bahwa subjek pajak tersebut memperoleh penghasilan. Jadi, kewajiban membayar Pajak Penghasilan (PPh) bagi seseorang timbul sejak memenuhi syarat subjektif dan syarat objektif, bukan sejak memperoleh NPWP yang diwajibkan sejak yang bersangkutan menjadi Wajib Pajak.

Sementara itu kewajiban menyampaikan SPT Tahunan PPh  timbul setelah seseorang memperoleh NPWP. Jadi kewajiban menyampaikan SPT melekat pada kepemilikan NPWP. Anda tidak perlu menyampaikan SPT Tahunan untuk tahun-tahun sebelumnya karena selain pada waktu itu anda belum mempunyai NPWP, secara sistim hal tersebut juga tidak dimungkinkan. Hanya saja, jika suatu saat Kantor Pajak menanyakan penghasilan terkait tahun-tahun sebelum anda mempunyai NPWP, anda harus dapat membuktikan dengan menunjukkan Bukti Potong bahwa penghasilan anda berupa gaji (jika anda pegawai) telah dipotong PPh oleh perusahaan tempat anda bekerja.

Demikian jawaban kami, semoga membantu.

Team CITASCO
error: Content is protected