Follow Us :

JAKARTA: Pemerintah optimistis tax ratio tahun ini tidak turun menjadi 12%, tetap berada di level 13%, meski terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi akibat krisis global.

Dirjen Pajak Darmin Nasution mengatakan sampai akhir tahun pertumbuhan penerimaan pajak diper-kirakan mencapai 10%. “Sehingga sebenarnya sampai akhir tahun, tax ratio bisa saja tidak berubah dari tahun lalu 13%,” pekan lalu.

Tax ratio adalah perbandingan antara jumlah penerimaan pajak dan jumlah produk domestik bruto. Tax ratio menunjukkan kemampuan pemerintah mengumpulkan pendapatan pajak atau menyerap kembali produk domestik bruto dari masyarakat berupa pajak.

Darmin meyakini penurunan penerimaan pajak dari PPh migas tidak akan banyak memengaruhi pertumbuhan penerimaan pajak secara keseluruhan.

“Memang pertumbuhan penerimaan pajak masih di bawah 10% tapi sampai akhir tahun dia bisa 10%. Jadi tax ratio [turun ke] 12% sih nggak.”

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi akan mulai membaik pada kuartal IV/2009 yang akan diikuti dengan membaiknya pertumbuhan penerimaan pajak.

Meski demikian, pemerintah kemungkinan tetap melakukan penyesuaian target pertumbuhan penerimaan pajak dalam APBN-P 2009.

error: Content is protected