Follow Us :

JAKARTA: Singapura dipastikan menjadi salah satu negara tujuan penempatan petugas intelijen pajak Pemerintah Indonesia.

“Kalau Singapura, menurut saya karena banyak pengusaha kita di sana, ya masuk [sebagai tujuan penempatan petugas intelijen pajak] dong,” kata Direktur Jenderal Pajak Mochamad Tjiptardjo, akhir pekan lalu.

Menurut dia, saat ini Ditjen Pajak tengah membahas rencana penempatan petugas intelijen pajak tersebut dengan Departemen Luar Negeri.

“Sejauh ini Deplu masih melihat posisi dari negara-negara mana saja yang mau dituju. Artinya kita lihat dulu di negara tax haven mana yang orang-orang kita atau pengusaha kita berinvestasi di situ.”

Akan tetapi, anggota Komisi XI DPR Dradjad H. Wibowo pesimistis terhadap upaya-upaya pemerintah terkait kebijakan tax haven country. Dia menilai pemerintah selama ini tidak pernah serius dalam mengatasi masalah pelarian potensi penerimaan pajak ke negara-negara yang menerapkan tax haven khususnya Singapura.

Hal itu terlihat dari sikap pemerintah yang tidak berani mengambil tindakan tegas terhadap Singapura dan wajib pajak nakal yang menggunakan Negeri Singa tersebut sebagai tempat persembunyian pajak.

“Yang jelas pemerintah cuma lips service untuk mengatasi masalah tax haven ini,” tegasnya kepada Bisnis.

Singapura selama ini dikenal sebagai negara penganut tax haven karena pengenaan tarif pajak yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara di sekitarnya.

Saat ini, tarif PPh badan yang diterapkan di Singapura adalah sebesar 18% atau % lebih rendah dibandingkan dengan tarif PPh badan di Indonesia yaitu sebesar 28%.

Adapun, tarif PPh perorangan yang dikenakan di Singapura adalah 0%-20% atau jauh lebih rendah dibandingkan dengan di Indonesia yakni 5%-30%.

Tax haven countries adalah negara-negara yang dengan sengaja memberikan fasilitas perpajakan kepada wajib pajak negara lain agar penghasilan wajib pajak negara lain tersebut dialihkan ke negara mereka.

Negara penganut tax haven ini biasanya mengenakan pajak yang lebih rendah atau tidak mengenakan pajak sama sekali. Selain itu, tax haven country juga tertutup perihal data perpajakan dengan negara lain.

Achmad Aris
Bisnis Indonesia

error: Content is protected