Follow Us :

JAKARTA , Wajib pajak yang telah menyerahkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahunan untuk tahun pajak 2008 hanya mencapai 40 persen dari total pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Menurut Dirjen Pajak M Tjiptardjo, rata-rata pemilik NPWP baru banyak yang belum mengerti tata cara pengisian SPT. Sedangkan pemilik NPWP lama yang belum menyerahkan SPT dikarenakan keenganan dan ketidaktahuan.

“Kalau WP baru kan basicnya karena mereka memang belum tahu cara isi SPT. Kalau WP lama, kemungkinann dua, tidak tahu atau tidak mau tahu, pokoknya laporan pajak suka-suka dia,” kata Tjiptardjo di Jakarta akhir pekan lalu.

Ia menambahkan, sampai akhir Juni 2009 jumlah SPT yang diserahkan ke DJP untuk tahun pajak 2008 baru sekitar 5,3 juta SPT atau 40 persen dari total pemilik NPWP sebanyak 13,6 juta.

Ia mengatakan, jumlah SPT yang sudah disetorkan ke DJP sebenarnya sudah tinggi. Namun karena pembandingnya mengalami peningkatan maka persentase penyerahan SPT tahun 2008 tetap kecil.

“Kalau tidak ada WP baru, SPT yang masuk seharusnya tinggi dibandingkan jumlah NPWP lama, ya karena ada tambahan NPWP baru di masa sunset policy, maka dibandingkan dengan adanya tambahan yang baru, otomatis SPT yang masuk jadi kelihatan kecil,” papar dia.

Berdasarkan key performance indicator yang diajukan oleh Menteri Keuangan untuk DJP, target SPT yang diserahkan sebanyak 45 persen dari total pemilik NPWP.

“Kalau cuma 40-45 persen sebenarnya saya belum puas, saya inginnya bisa 100 persen karena para WP kan sudah punya NPWP kenapa tidak serahkan SPT?” kata dia.

Menurut dia upaya DJP untuk meningkatkan kesadaran WP baru dalam menyerahkan SPT melalui sosialisasi dan melayangkan surat himbauan.

“Surat himbauan terus kami kirimkan kepada WP, tidak pernah berhenti, himbauan dengan surat dan sosialisasi,” kata dia.

Untuk WP lama yang belum menyerahkan SPT, DJP akan melakukan pemeriksaan ke lapangan karena seringkali WP lama tidak menyerahkan laporan perubahan alamat atau informasi lain terkait perpajakan.

“Di indonesia, orang yang buka usaha, setahun sudah hilang, pindah alamat, sewa kantor selesai kemudian pindah, dia tidak lapor pindahnya kemana. Apa WP sudah mati, atau masih hidup?” kata dia.

pertambahan NPWP selama sunset policy dan waktu perpanjangannya mencapai 5,63 juta NPWP sehingga total pemilik NPWP berjumlah 13,6 juta orang (per Juni 2009).

Peningkatan pemilik NPWP baru didominasi oleh WP perorangan.

error: Content is protected