Follow Us :

Pajak yang dihasilkan Liga Spanyol setara dengan 1,37% dari PDB 
 
JAKARTA. Kompetisi sepakbola Spanyol menghasilkan pundipun di pajak yang cukup besar. Liga Spanyol memberikan kontribusi pajak sebesar € 4,1 miliar atau Rp 65,6 triliun dan penghasilan setara 1,37% produk domestik bruto (PDB) negeri matador itu.

Kontribusi pajak meningkat sebanyak 41%, dan kontribusi untuk aktivitas finansial LaLiga mening- kat sebanyak dua kali lipat. Data tersebut merupakan hasil dari kajian independen yang dilakukan oleh perusahaan auditor dan konsultan PricewaterhouseCoopers (PwC) mengenai dampak sosial ekonomi industri sepak bola profesional di Spanyol.

Dalam laporan berjudul Financial, Fiscal, and Social Impact of Professional Football in Spain merupakan hasil dari rangkuman hingga musim 2016-2017. "Laporan ini menegaskan betapa pentingnya aspek sosial dan finansial untuk sepakbola profesional di Spanyol," ujar Javier Tebas, Presiden LaLiga, dalam siaran pers yang diterima KONTAN, kemarin.

Multiplier effect

Hasil dari laporan ini juga menyimpulkan bahwa lapangan pekerjaan di Spanyol telah meningkat sebesar 28% dibandingkan dengan laporan dengan topik yang sama pada empat tahun lalu. Secara total Liga Spanyol menelurkan 185.000 pekerjaan baru di musim 2016/2017. Total penghasilan yang berasal dari industri sepak bola profesional di Spanyol pada musim 2016-2017 yaitu lebih dari € 15,69 miliar.

Kompetisi sepakbola Liga Spanyol juga berhasil menciptakan multiplier effect bagi perekono- mian negara. Ada penghasilan tambahan bernilai hampir € 4 mili-ar di sektor lain, seperti katering, akomodasi, bar, dan wisata lokal. Misalnya untuk bar-bar di Spanyol yang merasakan penghasilan sekitar € 1,23 miliar dan bisa menghasilkan 19.415 pekerjaan. Dari sekian banyak industri yang berada di sekitar perhelatan liga, maka katering, transportasi, dan akomodasi yang paling merasakan keuntungan dari digelarnya kompetisi. Dengan angka mencapai € 2,4 miliar untuk musim 2016-2017.

Ada penghasilan tambahan hampir mencapai € 4 miliar di sektor lain.

Penggemar sepak bola juga menikmati pertandingan melalui paket TV berlangganan. Sebanyak 58% dari 6,6 juta pelanggan mendaftar untuk saluran-saluran sepak bola dan 41% dari mereka tidak ingin berlangganan apabila tayangan sepak bola tidak tersedia di kanal televisi berlangganan tersebut.

Kompetisi Liga Spanyol terdiri dari 42 tim, dari divisi satu dan divisi dua. LaLiga bertanggung ja- wab atas seluruh kompetisi dan dalam produksi program televisi yang telah menjangkau lebih dari 2,5 miliar penonton di seluruh dunia pada musim 2016-2017.

error: Content is protected