Follow Us :

JAKARTA — Pengoperasian kantor pelayanan pajak khusus orang-orang kaya baru bisa dimulai April 2009. Penyebabnya batas waktu penyerahan terakhir surat pemberitahuan tahunan pajak orang pribadi untuk tahun pajak 2008 berakhir Maret 2009.

"Kalau pindah di tengah jalan susah," kata Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution seusai rapat dengan Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat kemarin. Kalau dipaksakan, ujar dia, dikhawatirkan terjadi pembukuan ganda.

Pemerintah memang mengincar orang-orang kaya untuk mendongkrak penerimaan negara. Salah satu caranya dengan membuat kantor pajak khusus bagi orang kaya. Target kantor ini adalah pemilik perusahaan, direksi, selebritas, dan pengacara ternama.

Sejauh ini, menurut Darmin, kinerja pajak orang-orang kaya kurang bagus. Indikasinya, setoran pajak penghasilan pribadi lebih rendah dibanding pajak penghasilan badan. Rasionya masih 1 : 5.

Darmin mengaku sudah memiliki perangkat untuk menetapkan sasaran pajak dari orang kaya. Dasarnya bukan hanya laporan keuangan, karena dianggap belum tentu benar, tapi juga dari sumber lain, termasuk media massa.

Harun Mahbub

error: Content is protected