Insentif Diperpanjang

Harian Bisnis Indonesia
July 20, 2020
Pemerintah memperpanjang insentif pajak untuk sektor usaha yang terdampak pandemi Covid-19, dari sebelumnya hingga September 2020 menjadi Desember 2020. 
Aturan tersebut tertuang dalam PMK No. 86/ PMK.03/2020 tentang Insentif Pajak Untuk Wajib Pajak Terdampak Pandemi Covid-19. 
Selain memberikan jangka waktu yang lebih panjang, pemerintah juga menyederhanakan prosedur dan memperluas cakupan penerima. 
Adapun jenis insentif yang bisa diakses pertama pajak penghasilan (PPh) Pasal 21. Karyawan yang bekerja pada perusahaan yang bergerak di salah satu dari 1.189 bidang industri tertentu, perusahaan penerima kemudahan impor tujuan ekspor (KITE), dan perusahaan di kawasan berikat dapat memperoleh fasilitas ini. 
Kedua insentif pajak UMKM, di mana pelaku usaha mendapat fasilitas PPh Final 0,5% yang ditanggung pemerintah. Dengan demikian, wajib pajak UMKM tidak perlu melakukan setoran pajak dan pemotong atau pemungut pajak tidak melakukan pemotongan atau pemungutan pajak pada saat melakukan pembayaran kepada pelaku UMKM. 
Ketiga PPh Pasal 22 Impor. Wajib pajak yang bergerak di salah satu dari 721 bidang industri tertentu, perusahaan KITE, dan perusahaan di kawasan berikat, mendapat fasilitas ini. 
Keempat angsuran PPh Pasal 25. Wajib pajak yang bergerak di salah satu dari 1.013 bidang industri tertentu, perusahaan KITE, dan perusahaan di kawasan berikat mendapat pengurangan angsuran PPh Pasal 25 sebesar 30% dari angsuran yang seharusnya terutang. 
Kelima pajak pertambahan nilai (PPN). Wajib pajak yang bergerak di salah satu dari 716 bidang industri tertentu, perusahaan KITE, dan perusahaan di kawasan berikat, ditetapkan sebagai pengusaha kena pajak (PKP) berisiko rendah sehingga mendapat fasilitas restitusi dipercepat hingga jumlah lebih bayar paling banyak Rp5 miliar, tanpa persyaratan melakukan kegiatan tertentu seperti melakukan ekspor barang atau jasa kena pajak, penyerahan kepada pemungut PPN, atau penyerahan yang tidak dipungut PPN.
crossmenu linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram